-->

Filosofi bertahan hidup di Travian

Travian, ya mungkin beberapa dari kalian sudah sangat familiar dengan game web brorser  ini, dan mungkin juga banyak yang baru mendengar nama permainan ini.

Sebenernya sih kalo main Travian sekarang kayanya udah ketinggalan yaa, karena kalo ga salah permainan ini pernah booming  saat gue masih SMA. Bayangin aja udah berapa tahun permainan itu sampe sekarang dan ternyata gue baru bisa mainin game itu sekarang.
"Hellooo, kemane aja lo selama ini, bertapa?!!"

Ya, permainan ini sebenarnya sederhana, kita diminta untuk membangun sebuah desa sendiri, dimana kita nantinya diharuskan untuk meningkatkan produksi sumber daya seperti kayu, tanah liat, besi dan gandum dari desa kita tersebut. Sumber daya yang dihasilkan akan digunakan untuk membangun bangunan desa seperti lumbung, gudang, dan sebagainya. Kita juga diharuskan untuk membuat pasukan-pasukan yang berguna untuk menjaga desa dari serangan musuh dan mencari sumber daya dari alam dan desa sekitar (alias merampok :p).

Disini gue bukan mau nulis cara bermain Travian, kalo itu mah tinggal googling atau masuk aja ke forumnya, hehe... :D
Dari beberapa hari gue bermain game ini, sebenarnya ada beberapa filisofi hidup yang diajarkan disini yang sebenarnya secara langsung atau tidak langsung itu nyata dalam kehidupan kita di dunia ini.


 #Desa harus terus memproduksi sumber daya agar dapat terus berdiri
Sebagai manusia biasa yang hidup di dunia ini, kita diharuskan untuk terus berusaha dalam setiap langkah kehidupan ini. Manusia diciptakan untuk berpikir dan bertindak, lalu kemudian menunggu hingga kesuksesan itu lari menghampiri kita.



#Desa harus terus menyerang atau merampok untuk terus survive
"Menyerang? Sepertinya sesuatu hal yang ga baget deh, kita yg damai-damai ajalah... :)"
Maksudnya disini bukan begitu mamen, jadi maksudnya itu kita harus berani meninggalkan desa kita alias zona nyaman kita untuk terus maju dan berkembang. Banyak orang terjebak dalam zona nyaman hingga ia merasa cukup saat ini tanpa mempersiapkan apa yang terjadi di masa yang akan datang.


#Aliansi itu penting, sesama aliansi dan sekutu harus saling membantu
Sama aja seperti kita hidup di dunia. Apa arti kenalan, teman, ataupun sahabat bagi lo?
Ya intinya membantu, saling membantu. Membantu membuat lo tertawa ataupun berbagi kesedihan juga termasuk membantu. Jadi kita ga sendirian di dunia ini, ada lingkungan alam dan sosial sekitar yang butuh bantuan dan akan membantu kita.






#Kalo sumber daya menipis, transaksi jual beli aja sama desa lain di pasar
Kalo lo ga punya pakean baru atau sendal lo ilang, buru-buru deh ke pasar buat beli yang baru, hehe...











#7HariMenulis
Untuk penulis pribadi, rekan-rekan yang pernah bermain travian, ataupun yang baru mau mencoba memainkannya :D

Filosofi bertahan hidup di Travian