-->

Kadang kita perlu menjadi...


Kadang kita perlu menjadi...
Manusia merupakan makhluk sosial, makhluk yg senantiasa saling berbagi, berkomunikasi, dan berinteraksi dalam menjalani perannya masing-masing di masyarakat. Sangat perlu bagi seorang individu yg baru memasuki sebuah lingkungan yg baru untuk menguasai apa yg disebut dengan adaptasi. Proses adaptasi ini memang membutuhkan waktu yg tidak sebentar. Individu tersebut harus mampu mengenal interpersonal dari masing-masing individu yg ada, sehingga ia mampu bertindak sebagaimana mestinya.

Bagi seseorang yg baru pertama kali mengenal dunia kerja, hal ini juga pasti akan dialami oleh mereka. Setiap pekerjaan yg kita lakukan memang harus dipertanggungjawabkan kepada atasan, selain kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun dalam menunjang eksistensi diri kita di lingkungan baru tersebut, serta agar mampu bekerjasama dengan rekan kerja yg lain maka tetap dibutuhkan adaptasi.
Begitu juga yg dialami oleh penulis ketika memasuki dunia kerja dengan iklim kesibukan dunia kerja yg pastinya menyita sebagain besar waktu untuk menyelesaikan setiap pekrjaan dengan baik.

Kadang kita perlu menjadi kacung
Sebagai orang baru, kita sadar bahwa kita bukan apa-apa, meskipun setiap dari kami punya andil masing-masing untuk meningkatkan produktivitas kantor. Mulai dari diminta untuk fotocopy, fax, ataupun ngambilin hasil print-an hingga jaga ruangan karena semuanya makan siang bersama. Mungkin itu semua adalah hal sepele, tapi taukah kita bahwa dengan apa yg telah kita lakukan sedikit banyak akan membuat mereka bersimpatik terhadap keberadaan kita disana.

Kadang kita perlu seseorang yg lebih mengerti
Sebagai orang yg freshgraduated "seharusnya" kita punya kemampuan teoritis yg lebih baik karena ilmunya masih hangat di otak kita. Kadang beberapa rekan kerja menanyakan beberapa peraturan terbaru, kasus-kasus terbaru, hingga pendapat-pendapat yg pernah disampaikan dosen kita dahulu. Lakukanlah sharing dan bertukar pikiran serta pendapat dengan mereka, tapi jangan sampai ada kesan menggurui kepada orang yg bersangkutan.

Kadang kita perlu menjadi bahan “cemoohan”
Bercanda adalah hal biasa untuk menambah keakraban di dalam komunitas. Saling ejek, main kata-kataan dalam tahap yg wajar sangat diperlukan untuk saling mengakrabkan diri satu sama lain. Mungkin biasa bagi kita untuk mengejek atau mencemooh orang lain. Tapi sekal-kali kita perlu “mengorbankan diri” sebagai objek ejekan/ cemoohan tersebut. Secara tidak langsung setiap orang di lingkungan itu memberikan tawa-candanyanya kepada objek candaannya, yakni kita sendiri. Ya setidaknya mereka pernah tertawa karena kita,.. hihihi.. :D

Kadang kita perlu menjadi sesorang yg diandalkan
Mungkin peran ini adalah peran yg paling dapat membuat eksistensi kita terjaga. Dengan sedikit kemampuan di bidang komputer, banyak orang-orang di lingkungan penulis yg tidak mengerti bagaimana caranya mengedit surat dalam Ms. Word, tidak mengerti bagaimana caranya melampirkan attachment via gmail, tidak mengerti bagaimana caranya mengganti proxy di internet supaya internetnya bisa nyambung lagi. Dengan adanya kontribusi yg kita berikan, maka akan ada rasa terima kasih kepada diri ini yg membuat kita tetap dibutuhkan dalam konunitas kita.

Peran apapun yg kita lakukan pada dasarnya adalah untuk menunjang eksistensi kita di dunia ini. Tidak selamanya jagoan itu selalu menang, tidak selamanya orang pintar itu selalu benar, tidak selamanya perilaku kita menyenangkan orang lain. Maka mulailah beradaptasi dengan lingkungan baru, dengan peran baru, dengan semangat yg baru.


#Untuk teman-teman yg akan mewujudkan mimpi besarnya#

Kadang kita perlu menjadi...
  1. Yupz, pernah merasakan beberapa hal di atas..
    tulisannya realita banget, hehe..

    BalasHapus